Waspadai Virus Ransomware Petya Dengan Skala Global

Saat ini sedang terjadi serangan virus skala global yang bernama ” Ransomware Petya”.

Setelah virus ransom (ransomware) WannCry menyerang sistem komputer di seluruh dunia, kini muncul serangan cyber serupa bernama Virus Ransomware Petya. Sistem komputer di Rusia, Inggris, Spanyol, Ukraina, Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara lain diserang.

Di Ukraina, Petya ransomware telah menyerang sistem komputer kapal selam hingga supermarket yang menyebabkan kekacauan pada sistem komputer. Sama seperti serangan virus ransom WannaCry beberapa bulan lalu, pelaku serangan virus ransom Petya juga meminta uang tebusan terhadap korban.

Serangan virus ransom Petya mulai terjadi pada Selasa, 27 Juni 2017 kemarin. Virus ini bekerja dengan alat hacking Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat (AS) yang dikenal sebagai EternalBlue.

Kelompok di balik serangan ini belum diketahui. Pusat Keamanan Cyber Nasional Inggris (NCSC), sebuah cabang dari badan intelijen GCHQ, mengaku sudah tahu perihal serangan cyber global ini.

Peneliti ESET Robert Lipovsky mencatat; “Wabah ini tampaknya telah dimulai di Ukraina, di mana laporan menunjukkan bahwa sektor keuangan, sektor energi dan banyak industri lainnya telah terpukul. Ruang lingkup kerusakan yang diakibatkan belum dikonfirmasi.”

Seorang analis Malwarebytes, yang menggunakan nama Hasherezade, menambahkan; “Kami sedang meneliti serangan ini. Apa yang kami temukan adalah bahwa ransomware tampaknya didistribusikan oleh Server Message Block (SMB), yang sama dengan insiden WannaCry yang terjadi sebelumnya.”

Divisi raksasa farmasi global Merck yang berbasis di AS juga mengonfirmasi bahwa sistem komputer mereka telah terkena serangan Petya ransomware.

”Kami mengonfirmasi bahwa jaringan komputer perusahaan kami dikompromikan hari ini sebagai bagian dari hack global,” kata Merck dalam sebuah pernyataan. ”Organisasi lain juga telah terpengaruh. Kami sedang menyelidiki masalah ini dan akan memberikan informasi tambahan saat kami belajar lebih banyak.”

Perusahaan itu sebelumnya juga mengumumkan adanya serangan Petya ransomware melalui memo internal. ”Perusahaan saat ini mengalami serangan ransomware yang bermusuhan pada sistem jaringannya,” bunyi memo internal Merck yang dikutip Philadelphia Inquirer, Rabu (28/6/2017).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Chat via Whatsapp
%d blogger menyukai ini: