Ukuran Dimensi Standart Untuk Slide PowerPoint

Ukuran Dimensi Standart Untuk Slide PowerPoint

Memilih ukuran dimensi standart untuk slide PowerPoint merupakan hal yang sangat berpengaruh pada hasil akhir karya presentasi anda, hal tersebut juga bergantung pada situasi, dimana dan bagaimana anda akan menerapkannya.

Jika ukuran dimensi presentasi anda tidak sesuai dengan apa yang ingin anda tayangkan kepada audience, maka nantinya hasil presentasi anda pun tidak memiliki kesan yang baik. Bahkan hal  terburuk yang bisa terjadi, hasil presentasi anda akan dianggap gagal dan bisa saja anda gagal tender jika anda salah melakukan presentasi untuk bisnis misalnya.

Ini mungkin bisa dibilang sepele, namun siapa sangka jika anda memberikan presentasi yang baik kepada para calon kilen atau tender anda, maka ada kemungkinan peluang 60% mereka akan senang dengan apa yang di sampaikan pada presentasi anda. Untuk itu kami akan sedikit memberikan informasi mengenai apa saja ukuran dimensi standart untuk slide powerpoint yang dapat anda terapkan sesuai dengan kebutuhan, sebagai berikut:

Tentukan Diperangkat Apa Anda Ingin Melakukan Presentasi

Pertama anda harus menenteukan terlebih dahulu pada display perangkat apa anda ingin menyajikan presentasi PowerPoint-nya, seperti:

  • Layar monitor lama / persegi;
  • Layar laptop, atau monitor desktop terbaru;
  • Proyektor ruang konferensi;
  • iPad dan Tablet;
  • atau format Printing Cetak.

Masing-masing display ini memiliki tampilan screen yang berbeda atau rasio aspek yang menggambarkan lebar x tinggi layar yang tidak serupa.

Desain slide PowerPoint yang anda buat akan tampil berbeda pada setiap perangkat display, karena rasio aspeknya bisa bervariasi, tergantung dari ukuran lebar x tinggi display yang ditampilkan

Nantinya ukuran tampilan Presentasi PowerPoint berbeda juga dalam mode layar penuh (full screen) pada perangkat display dengan ukuran layar berbeda.

Berikut beberapa ukuran rasio aspek yang biasanya kompetibel dengan ukuran tampilan screen presentasinya:

  • Layar monitor lama / persegi = (Rasio Aspek adalah 4:3);
  • Layar laptop, atau monitor desktop terbaru = (Rasio Aspek adalah 16:9);
  • Proyektor ruang konferensi = (Rasio Aspek adalah 4:3 / 16:9);
  • iPad dan Tablet = (Rasio Aspek adalah 16:9);
  • atau format Printing Cetak = (Rasio Aspek adalah A4).
Baca Juga:  Cara Mengubah Ukuran Presentasi di PowerPoint

Dari beberapa opsi Rasio Aspek diatas, bisa disimpulkan bahwa hampir rata-rata ukuran Rasio Aspek tampilan presentasinya lebih banyak menggunakan ukuran Full Screen : 16:9, atau anda bisa membayangkan ukuran Rasio Aspek sebagai berikut:

  • Rasio Aspek 4:3 biasanya ukuran layarnya berbentuk presegi kotak.
  • Rasio Aspek 16:9 biasanya ukuran layarnya berbentuk presegi panjang.
  • Rasio Aspek A4 biasanya ukurannya berbentuk presegi panjang sesuai dengan kertas ukuran A4 untuk dicetak.

Kesimpulannya, Ukuran Dimensi Manakah Yang Sebaiknya Saya Pilih?

Desain presentasi yang dibuat dengan Rasio Aspek Full HD (16:9) merupakan ukuran tampilan terpopuler saat ini, karena cukup sesuai dengan beberapa tampilan screen seperti lapotop, monitor desktop, layar proyektor dan ukuran tablet terbaru saat ini.

Dan jika anda lebih memilih membuat Slide PowerPoint dengan bantuan jasa profesional untuk mendesain PowerPoint bisnis anda, kami merupakan salah satu penyedia layanan untuk jasa mendesain slide powerpointdengan kualitas desain yang unik dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Silakan lihat halaman layanan pembuatan desain powerpoint kami ataupun anda bisa melihat-lihat Template PowerPoint yang siap digunakan pada Portofolio Desain PowerPoint kami.

Dan akhir kata, sekian dari artikel berjudul Ukuran Dimensi Standart Untuk Slide PowerPoint semoga informasi ini bisa sedikit membantu anda.

Berbagi artikel ini:
Penulis Artikel

Author url : go to url

×

Anda dapat berkomunikasi langsung melalui WhatsApp Chat dengan asisten chat kami.

× Live Chat