Pentingnya Proteksi Privasi WHOIS Untuk Domain

Pentingnya Proteksi Privasi WHOIS Untuk Domain

Pentingnya Proteksi Privasi WHOIS untuk domain merupakan salah satu bagian terpenting dalam menjaga privasi anda saat ini. Jika anda saat ini adalah salah satu pemilik dengan nama domain pada suatu website, baik itu website berbasis WordPress, website yang dibuat dengan koding manual, ataupun website dengan basis CMS lainnya, maka opsi pengamanan ini menjadi salah satu bagian yang sepertinya menjadi pertimbangan untuk anda pilih. Biasanya Proteksi WHOIS merupakan salah satu opsi yang ditawarkan oleh kebanyakan penyedia hosting saat anda membeli domain.

Walaupun harga Proteksi Privasi WHOIS untuk domain cenderung murah, sekitar 45ribu – 75ribu /domain per tahun (tergantung dari layanan hosting yang anda pilih), tetap saja anda juga diharuskan untuk menggunakan uang secara bijak.

Namun pada era keterbukaan data seperti saat ini, privasi merupakan hal yang cukup menjadi pertimbangan anda dalam mengambil sebuah tindakan, untuk perlu atau tidaknya uang tersebut anda gunakan.

Pada artikel ini, kami akan coba sedikit menjelaskan, bagaimana pentingnya Proteksi Privasi WHOIS untuk domain anda, sebagai berikut:

1. Apa Proteksi Privasi WHOIS ?

Proteksi Privasi WHOIS atau istilah inggrisnya WHOIS Protection adalah fitur tambahan dari penyedia domain yang bisa melindungi semua informasi pribadi pada domain anda.

Saat mendaftarkan domain baru, semua orang diwajibkan mengisi detail informasi mengenai pemilik website tersebut. Tujuannya agar saat website itu melanggar hukum, pemiliknya bisa dilacak dan dijatuhi hukuman yang setimpal.

Informasi pribadi anda ini akan disimpan pada database WHOIS yang bisa diakses oleh semua pengguna internet di seluruh dunia. Tak peduli apakah punya niat jahat atau tidak, mereka bisa tahu nama anda, alamat rumah, nomor telepon, dan email registrasi untuk domain anda.

Dari itu di sinilah Pentingnya Proteksi Privasi WHOIS Untuk Domain anda. Fitur ini dapat menyembunyikan semua data pribadi Anda saat mendaftarkan domain. Sehingga tak ada seorangpun yang bisa melihatnya, kecuali pihak berwajib.

Pengaturan untuk mengaktifkan Proteksi WHOIS ini juga terbilang sangat mudah, karena anda tidak perlu mengatur fungsi ini secara manual, karena biasanya sudah ditangani oleh hosting kesayangan anda.

2. Kenapa Anda Membutuhkan Proteksi Privasi WHOIS?

Dibawah ini, akan dijelaskan kemungkinan-kemungkinan terburuk jika informasi Pribadi WHOIS Anda jatuh ke tangan yang salah. Jadi, Anda bisa menyimpulkan sendiri apakah Proteksi Privasi WHOIS ini adalah opsi yang memang benar-benar dibutuhkan atau tidak.

A. Pengguna Internet Dapat Mengetahui Alamat Rumah Anda

Jika anda adalah pemilik suatu website, maka data WHOIS ini dapat dengan mudah diakes atau diketahui termasuk alamat rumah kita ketika melakukan registrasi domain. Tidaklah semua orang selalu berfikir positif tentang kita dan bagaimana dengan pengguna internet yang memiliki niat jahat terhadap kita atau keluarga kita? Hasilnya dapat diketahui, ada kemungkinan besar orang jahat memutuskan untuk menyatroni rumah dan melakukan hal-hal yang tak diinginkan. Mungkin hal ini terdengar sepele di telinga anda. Namun, dengan menampilkan alamat rumah secara real yang tercantum dalam WHOIS domain anda, memberikan kesempatan besar untuk oknum jahat melancarkan aksinya.

B. Data Pribadi WHOIS Memancing Lebih Banyak Spam

Siapa yang tidak sebal dengan spam? Anda dikirimi email atau SMS yang berisi promosi produk tidak jelas yang terkadang jumlahnya ada banyak sekali. Efeknya, Anda menghabiskan waktu untuk menghapus semua spam tersebut sambil berdoa agar tidak menghapus email atau SMS yang ternyata penting. Spam memang bisa terjadi kepada siapapun. Namun, spam yang anda dapatkan sebagai pemilik website itu kemungkinan jumlahnya akan meningkat dua kali lipat. Sebab, alamat email dan nomor telepon anda terpampang dengan jelas pada data WHOIS. Ini sama saja dengan anda seperti melakukan promosi tak tertarget dengan berkata kepada semua orang “Hai, ini alamat email dan nomor teleponku! Silahkan yang mau kirim spam langsung saja, ya! Aku tunggu!”.

C. Menjadi Sasaran Empuk untuk Menipu Anda atau Keluarga

Kami yakin, Anda pasti setidaknya pernah mendapatkan telepon, SMS atau email seperti ini:

  • Teror mama minta pulsa;
  • Promosi pinjaman online tanpa syarat;
  • Menang hadiah tertentu;
  • Minta sumbangan untuk yayasan fiktif;
  • Mendapat warisan dari seorang pangeran di Timur Tengah.
Baca Juga:  Cara Menggunakan Elementor Untuk Pemula

Nah, biasanya si penipu tidak tahu dengan pasti identitas anda. Sehingga, Anda dapat dengan mudah mengetahui kalau itu hanyalah tipuan belaka. Namun, bagaimana kalau si penipu memanfaatkan informasi pribadi anda dari WHOIS dan menggunakannya untuk menipu anda?

Misalnya, alih-alih hanya “Selamat, nomor Anda bla bla…” berubah menjadi “Selamat Pak Sukirman, nomor Anda beruntung bla bla…” bukankah hal ini lebih meyakinkan?

Apalagi kalau si penipu menelpon anda dan bertanya, “Apakah benar ini Bapak Sukirman, yang tinggal di Jalan ABC, RT. 123 / RW 456, Kecamatan CDE, Kabupaten FGH?” Sangat meyakinkan sekali, bukan?

Namun, kedua contoh di atas masih sederhana. Bagaimana kalau si penipu menggunakan data pribadi anda untuk menipu orang terdekat anda? Terutama pada orang tua atau orang yang tak terlalu mengetahui tentang teknologi?.

Misalnya, si penipu menelpon dengan nada panik, lalu mengatakan kalau anda kecelakaan dan butuh dana untuk operasi darurat sebelum anda kehabisan darah. Jika orang terdekat anda tak percaya, si penipu tinggal menyebutkan nama lengkap dan alamat rumah yang dalihnya didapat dari KTP anda yang tercantum pada WHOIS data.

Kami tidak berusaha menakut-nakuti, namun sudah banyak kasus dengan modus penipuan sperti contoh di atas. Jadi, jangan sampai anda dan orang terdekat menjadi korban selanjutnya apabila proteksi privasi WHOIS pada domain website anda dapat diakses oleh siapapun.

D. Kompetitor Bisnis Anda Bisa Saja Mempunyai Niat Jahat

Sebelum memulai bisnis, biasanya kita akan melakukan riset untuk mengenali target pasar terlebih dahulu. Jika anda demikian, maka kompetitor anda kemungkinan besar juga melakukannya. Ini tentu saja termasuk riset untuk mengetahui siapa saja pesaingnya. Memang informasi pribadi dari pemilik bisnis tak terlalu berguna pada riset pasar, sebab riset pasar berfokus untuk mengetahui fitur, harga, dan lain sebagainya dari bisnis pesaing. Namun, itu jika riset pasar dilakukan dengan “jujur,” bagaimana kalau pesaing anda melakukan riset pasar dengan “modus” tertentu? Riset pasar berdasarkan modus ini bisa diartikan sebagai upaya kompetitor untuk menjatuhkan anda dengan memanfaatkan informasi pribadi anda. Jika kompetitor frustasi karena sadar tak bisa bersaing secara sehat, bada kemungkinan mereka melakukan hal ini. Mereka akan mengancam, memfitnah, atau apapun untuk menjatuhkan bisnis anda. Terdengar berlebihan? Memang! Karena skenario ini kemungkinannya akan sangat kecil terjadi kepada anda. Namun, lebih baik sedia payung sebelum hujan, dan coba pertimbangkanlah pentingnya Proteksi Privasi WHOIS untuk domain dalam hal ini.

E. Harga yang Murah untuk Semua Manfaat yang Diberikan

Walaupun sudah mengetahui semua keuntungan Proteksi Privasi WHOIS pada penjelasan di atas, mungkin anda akan tetap ragu menggunakannya karena biaya proteksi WHOIS tersebut tidak gratis. Namun biasnya, harga Proteksi Privasi WHOIS ini masih terbilang cukup terjangkau, dibandingkan dengan privasi keamanan data-data anda! Biasanya tiap hosting hanya mengenakan biaya tambahan untuk Proteksi WHOIS ini berkisar 45ribu – 75ribu /domain per tahun (tergantung dari layanan hosting yang anda pilih). Dengan fitur ini setidaknya anda dapat melindungi diri sendiri, orang terdekat bahkan bisnis online anda dari oknum-oknum jahat. Anda juga bisa menghemat waktu dan melakukan hal lain yang lebih berguna daripada menghapus email spam yang cukup menyita waktu anda.

3. Kesimpulan, Apakah Proteksi Privasi WHOIS memang diperlukan?

Jawabannya tentu saja iya! Walaupun Anda memiliki budget terbatas, menyisihkan 45ribu – 75ribu /domain per tahun untuk Proteksi Privasi WHOIS adalah keputusan terbaik, melihat manfaatnya, untuk Proteksi Privasi WHOIS itu sangat direkomendasikan.

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai proteksi WOHIS ini, silakan berkonsultasi dengan tim kami, dan kami dapat membantu anda mengenai hal ini.

Berbagi artikel ini:
Penulis Artikel

Author url : go to url

×

Anda dapat berkomunikasi langsung melalui WhatsApp Chat dengan asisten chat kami.

× Live Chat