Modus Email Phising “Open in Docs” Sedang Ramai Diperbincangkan

google-docs-phishing-button

Sebuah email pishing sekarang sedang ramai diperbincangkan dikalangan netizen, yang menyeramkan dari hal tersebut adalah beberapa link atau tombol yang mengarahkan Anda untuk mengklik tautan ke sebuah Google Dokumen. Jika Anda secara tidak sadar mengklik link / tombol tersebut, maka akan terjadi masalah dengan akun gmail Anda, sebaiknya hapus saja email tersebut jika Anda mendapatkannya dari orang yang tidak Anda kenal.

Baca Juga : Mengubah Sistem Bisnis Cloud Computing Dengan Google Cloud

Ini merupakan satu modus penipuan email dengan cara baru yang jahat, email penipuan ini biasanya ditujukan kepada wartawan, hal ini telah banyak ditemukan oleh para teman-teman wartawan sejak hari Rabu kemarin. Isi dari email tersebut biasanya mengundang Anda untuk mengklik tautan yang akan mengambil seluruh data dari akun email Anda dengan cara otomatis jika Anda bersedia mengkilik tautan tersebut.

Mungkin bagi Anda yang tidak terlalu paham akan hal tersebut merasa bahwa link tersebut hanyalah sekedar tombol sederhana dan Anda begitu saja mengkliknya, namun seorang hacker bernama Zach Latta memberitahukan trik jahat tersebut melalui akun Twitter-nya yang menunjukkan apa yang terjadi jika Anda menekan tombol yang bertuliskan “Open in Docs” tersebut.

Seperti yang Zach Latta perlihatkan dalam akun twitternya, bahwa semuanya adalah tipuan cerdik dimana tombol tersebut jika diklik maka akan mencuri seluruh data akun Gmail Anda termasuk kata sandi & hal-hal penting lainnya. Mungkin Anda bisa mengingat kembali kasus seorang anggota Komite Nasional Demokrat di Amerika yang pernah tertipu dengan cara ini “John Podesta”, ia mendapati seluruh data-data yang terdapat pada emailnya bocor kepada publik ramai, setelah dia mengalami penipuan phishing Gmail yang serupa dengan ini.

Publik mulai banyak bertanya kepada pihak Google untuk menanyakan tentang modus penipuan tersebut, dan Google kini sedang melakukan tahap penelusuran untuk mengetahui siapa dalang melakukan penipuan ini.

Seperti yang dikatakan pihak Google : “Kami telah mencoba mengambil tindakan untuk melindungi pengguna gmail dari email phising yang meniru sebagai identitas Google Documents, dan telah menonaktifkan akun yang terkait. Kami telah menghapus beberapa laman palsu, juga terus melakukan pembaruan melalui sistem penelusuran yang aman , Dan tim investigasi kami berupaya mencegah agar tidak terjadi spoofing lagi. Kami berharap pengguna dapat membantu Kami untuk terus menelusuri hal ini dengan memberikan laporkan email phishing di Gmail ini dan melaporkannya kepada Kami’.

 

Original Article : fortune[dot]com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Chat via Whatsapp
%d blogger menyukai ini: