Membuat Graphic Bar yang Menarik di Adobe Illustrator

Final product image

Dalam langkah-langkah berikut, anda akan belajar bagaimana cara membuat sebuah grafik yang dapat di ubah sepenuhnya dalam Adobe Illustrator dan bagaimana cara menyesuaikan gayanya.

Pertama, anda akan belajar bagaimana cara membuat grafik awalnya menggunakan Column Graph Tool. Menggunakan Direct Selection Tool dan panel Graphic Styles bersama dengan beberapa efek dan warna dasar, anda akan belajar bagaimana cara men-style komponen utama dari grafik anda. Mengambil keuntungan penuh dari panel Appearance, anda akan belajar bagaimana cara menambahkan sebuah bingkai ke grafik anda dan bagaimana cara menerapkan highlight dan shading halus. Akhirnya, anda akan belajar bagaimana cara menyesuaikan data pada grafik anda dengan mudah.

Tekan Control-N untuk membuat sebuah dokumen baru. Pilih Pixels dari menu drop-down Units, masukkan 850 dalam kotak width dan 870 dalam kotak height, dan kemudian klik tombol More Settingsitu. Pilih RGB untuk Color Mode, atur Raster Effects ke Screen (72 ppi), dan kemudian klik Create Document.

Jangan lupa untuk mengatur unit pengukurannya ke pixels dari Edit > Preferences > Units.

set up grid

Fokus pada Toolbar anda dan klik dua kali Column Graph Tool (J) untuk membuka jendela Graph Type. Masukkan atribut yang ditunjukkan pada gambar berikut dan kemudian klik OK.

graph type

Pastikan bahwa Column Graph Tool (J) terpilih dan cukup klik pada artboard anda untuk membuka jendela Graph. Atur kedua Width dan Height menjadi 450 pt, dan kemudian klik OK.

Masukan data yang ditunjukkan di bawah ini dan kemudian klik tombol Check itu. Grafik anda seharusnya terlihat kurang lebih seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

column graph tool

Manggunakan Direct Selection Tool (A), Pilih kolom teks itu dan buka panel Character (Window > Type > Character). Pilih font Insaniburger, atur ukurannya ke 15 px, dan ganti warnanya ke R=0 G=43 B=73.

character panel

Menggunakan Direct Selection Tool (A), pilih baris teks itu dan fokus pada panel Character. Pilih font Insaniburger yang sama itu, atur ukurannya ke 12 px, dan ganti warnanya ke R=0 G=43 B=73.

text

Menggunakan Direct Selection Tool (A), pilih jalur vertikal yang besar dan fokus pada panel Appearance(Window > Appearance). Ganti warna strokenya ke R=0 G=43 B=73 dan kemudian buka panel fly-out Stroke. Tingkatkan Weight ke 4 px dan centang tombol Round Cap.

Dengan jalur ini masih terpilih, buka panel Graphic Styles (Window > Graphic Styles) dan klik tombol New Graphic Styles.

stroke

Menggunakan Direct Selection Tool (A), pilih jalur-jalur vertikal yang lebih pendek (disoroti pada gambar yang pertama) dan cukup terapkan graphic style anda dari panel Graphic Styles.

graphic style

Menggunakan Direct Selection Tool (A), pilih jalur horisontal yang besar dan fokus pada panel Appearance. Pilih strokenya, ganti warnanya ke R=0 G=43 B=73, dan kemudian buka panel fly-out Stroke. Tingkatkan Weight ke 4 px dan centang tombol Round Cap, dan kemudian pergi ke Effect > Stylize > Drop Shadow. Masukkan atribut yang ditunjukkan di bawah ini dan kemudian klik OK.

Dengan jalur ini masih terpilih, pergi ke panel Graphic Styles dan klik tombol New Graphic Style lagi.

drop shadow

Menggunakan Direct Selection Tool (A), pilih jalur-jalur horisontal yang lebih pendek (disoroti pada gambar yang pertama) dan cukup terapkan graphic style terbaru anda dari panel Graphic Styles.

graphic style

Menggunakan Direct Selection Tool (A), pilih hanya satu dari jalur-jalur horisontal pendek itu dan fokus pada panel Appearance. Tambahkan stroke kedua menggunakan tombol Add New Stroke dan pilih itu.

Tarik stroke baru ini ke bawah yang aslinya, turunkan Opacity nya ke 5%, kurangi Weight ke 2 px, dan kemudian pergi ke Effect > Distort & Transform > Transform. Tarik slider Move-Horizontal ke 7 px, masukkan 62 dalam kotak Copies itu, dan kemudian klik OK.

Dengan jalur ini masih terpilih, pergi ke panel Graphic Styles dan klik tombol New Graphic Style.

add new stroke

Menggunakan Direct Selection Tool (A), pilih empat jalur horisontal pendek yang lainnya (disoroti pada gambar yang pertama) dan cukup terapkan graphic style terbaru anda dari panel Graphic Styles.

graphic style

Menggunakan Direct Selection Tool (A), pilih salah satu dari batang-batang hitam itu dan fokus pada panel Appearance. Hapus warna dari strokenya dan pilih fillnya. Ganti warna yang ada dengan gradient linear yang ditunjukkan di bawah ini dan kemudian pergi ke Effect > Stylize > Rounded Corners. Masukkan Radius 3 px dan klik OK.

Dengan bentuk ini masih terpilih, pergi ke panel Graphic Styles dan klik tombol New Graphic Style.

linear gradient

Menggunakan Direct Selection Tool (A), pilih empat batang-batang hitam yang lainnya (disoroti pada gambar yang pertama) dan cukup terapkan graphic style terbaru anda dari panel Graphic Styles.

graphic style

Pilih seluruh grafik anda, fokus pada panel Appearance, dan tambahkan sebuah fill baru menggunakan Add New Fill. Tarik fill baru ini ke bawah bagian Contents itu dan pilih itu.

Atur warnanya ke R=242 G=242 B=242 dan pergi ke Effect > Convert to Shape > Rectangle. Masukkan atribut yang ditunjukkan di bawah ini, klik OK, dan pergi ke Effect > Stylize > Rounded Corners. Masukan Radius 20 px, klik OK, dan pergi ke Effect > Distort & Transform > Transform. Masukkan atribut yang ditunjukkan pada gambar berikut dan kemudian klik OK.

add new fill

Pastikan bahwa grafik anda tetap terpilih dan tetap fokus pada panel Appearance. Tambahkan fill kedua dan tarik itu ke bawah yang sudah ada.

Pilih fill baru ini dan atur warnanya ke R=0 G=13 B=43. Turunkan Opacity nya ke 40% dan kemudian pergi ke Effect > Convert to Shape > Rectangle. Masukkan atribut yang ditunjukkan di bawah ini, klik OK, dan kemudian pergi ke Effect > Distort & Transform > Transform. Masukkan atribut yang ditunjukkan pada gambar berikut, klik OK, dan kemudian pergi ke Effect > Path > Offset Path. Masukkan Offset -30 px, klik OK, dan kemudian pergi ke Effect > Stylize > Rounded Corners. Masukkan Radius 20 px dan klik OK.

shadow

Pastikan bahwa grafik anda masih terpilih dan tetap fokus pada panel Appearance. Pilih kembali fill gelap itu dan pergi ke Effect > Blur > Gaussian Blur. Masukkan Radius 15 px dan klik OK.

gaussian blur

Pastikan bahwa grafik anda masih terpilih dan tetap fokus pada panel Appearance. Pilih kembali isi atasnya dan pergi ke Effect > Stylize > Drop Shadow. Masukkan atribut yang ditunjukkan pada gambar berikut dan klik OK.

ABCD

Akhirnya, ingat bahwa anda selalu bisa mengubah data dari grafik anda, dan desain anda tidak akan berubah.

Inilah bagaimana anda dapat dengan mudah melakukannya: Pastikan bahwa grafik anda terpilih, klik kanan dimanapun pada artboard anda, dan pergi ke Data. Sesuaikan data anda dan kemudian klik tombol centang itu.

adjust graph

Inilah bagaimana itu seharusnya terlihat. Saya harap anda telah menikmati tutorial ini dan dapat menerapkan teknik-teknik ini pada proyek-proyek masa depan anda. Jangan ragu untuk membagikan hasil akhir anda pada bagian komentar.

Jangan ragu untuk menyesuaikan desain akhirnya dan membuatnya milik anda sendiri. Anda bisa menemukan beberapa sumber inspirasi besar di GraphicRiver, dengan solusi yang menarik untuk meningkatkan desain anda.

Article Source by : https://design.tutsplus.com/


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Chat via Whatsapp
%d blogger menyukai ini: