Manfaat Server Web Cache Untuk Mempercepat Load Website

Manfaat Server Web Cache Untuk Mempercepat Load Website

Server web cache merupakan fitur penyimpanan sementara data informasi website kita pada server cache atau browser. Server Cache membantu menampilkan data pada halaman web anda dengan lebih cepat saat pengunjung membutuhkannya. Hal ini dikarenakan pada saat melakukan loading, halaman web tidak perlu lagi mengambil data informasi dari source server utama. Dalam arti lainnya adalah, server web cache itu merupakan salinan dari dokumen atau informasi sementara pada website anda.

Cara Server Web Cache Bekerja

Untuk melihat cara server web cache bekerja, berikut point-poitnya:

  1. Pertama website atau browser menerima request dari pengunjung website,
  2. Lalu browser mengirim permintaan agar server utama menyediakan informasi yang diperlukan,
  3. Selanjutnya server web utama mencari informasi pengguna butuhkan,
  4. Kemudian server utama memberikan dokumen yang diperlukan kepada browser atau server cache,
  5. Lalu server cache atau browser menyimpan salinan dokumen (alias cache) tersebut,
  6. Selanjutnya website menampilkan informasi yang pengguna butuhkan,
  7. Akhirnya saat pengguna kembali ke website dan mencari informasi yang sama untuk kedua kali (dan seterusnya), maka server cache  dan browser hanya akan memberikan simpanan dokumen alih-alih mengambil informasi kembali dari server utama web anda.

Manfaat Web Cache Untuk Website Berbasis WordPress

Apa saja sih manfaat web cache untuk website yang menggunakan WordPress? berikut adalah manfaatnya:

1. Website WordPress Akan Lebih Cepat

Dengan menggunakan Cache pada website wordpress anda, maka loading halaman untuk menampilkan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung situs anda akan lebih cepat diproses. Hal ini juga memberikan dampak positif bagi pembaca informasi di situs anda karena mereka tidak diharuskan menunggu terlalu lama untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

2. Membuat Pengunjung Lebih Menyukai Website WordPress Anda

Fitur cache cukup berpengaruh pada kecepatan loading halaman web anda, sehingga pengunjung anda sekarang akan lebih menyukai informasi yang tersedia dari website anda, karena website anda kini telah memiliki performa loading yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Baca Juga:  Fungsi Dasar Admin Area Pada Situs WordPress

3. Meningkatkan Traffic dan Konversi

Website yang cepat akan menjadikan daya tarik bagi para penggunanya. Hal tersebut dapat berpengaruh kepada traffic website anda, dimana ketika pengunjung yang betah berlama-lama di website anda pada saat mencari informasi yang mereka butuhkan, namun performa website anda kini lebih cepat dalam me-load informasi.

Selanjutnya ketika pengunjung memberikan reputasi bagus untuk website anda, maka tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa nantinya website anda akan menjadi spesial dimata Google yang akan membawa dampak positif pada nilai traffic dan konversi untuk situs anda.

4. Menghemat Beban Server Utama

Menghemat beban server utama website anda ketika anda menggunakan fitur server cache ini adalah sudah jelas pasti. Karena fitur server cache ini memang tidak menyimpan data informasi di server utama website anda, sehingga hal tersebut akan lebih mengurangi beban kinerja website anda jika ada beberapa pengunjung sekaligus yang mampir ke website anda.

Kesimpulan: Apakah Perlu Website WordPress Menggunakan Fitur Server Web Cache?

Jawabannya adalah tentu saja “PERLU”, karena banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan menggunakan fitur ini. Sedangkan untuk website berbasis WordPress, plugin web cache ini sudah banyak tersedia dan gratis juga dengan beragam pilihannya yang dapat anda install dan terapkan ke dalam website anda. Salah satu plugin wordpress untuk cache ini adalah LiteSpeed Cache dan anda dapat menggunakannya secara gratis. Hal tersebut bertujuan agar website anda mendapatkan performa loading website yang lebih baik.

Berbagi artikel ini:
Penulis Artikel

Author url : go to url

×

Anda dapat berkomunikasi langsung melalui WhatsApp Chat dengan asisten chat kami.

× Live Chat