Kegunaan “Cornerstone Article” di SEO Yoast Plugin – WordPress

kegunaan-yoast-cornerstone-article

Cornerstone Articles / Cornerstone Content merupakan istilah yang dinamakan oleh Brian Clark (Copyblogger). Pada artikel yang ia tulis ditahun 2007 yang berjudul “How to Create Cornerstone Content That Google Loves” telah menjelaskan bagaimana cara membuat cornerstone articles yang akan disukai oleh google.

Baca Juga : Download eBook Gratis Tutorial Opencart Versi 2.x Bahasa Indonesia – .pdf

Cornerstone sendiri memiliki arti “Pilar”, jadi Cornerstone Articles bisa juga diartikan sebagai artikel pilar atau artikel landasan yang lebih diutamakan dari pada artikel lainnya. Nah hal inilah yang membuat SEO Yoast menambahkan fitur Cornerstone Artikel pada pluginnya belakangan ini.

Untuk Anda yang belum paham betul mengenai apa itu Cornerstone Artikel, berikut ini pemaparan singkat mengenai kegunaan “Cornerstone Article” di SEO Yoast Plugin – WordPress.

Cornerstone Articles dalam Yoast

Cornerstone Articles dalam yoast sendiri tujuan ialah, untuk memudahkan pengguna dalam menyusun Artikel Pilar. Tapi jika kita mengacu pada istilah Artikel Pilar, maka bukan yoast lah yang pertama kali menamakannya. Karena sejak tahun 2007 blog copyblogger sudah membahas akan hal ini.

Gambar dibawah ini merupakan skema mengenai Artikel Pilar :

kegunaan-yoast-cornerstone-article aligncenter

Intinya Cornerstone Articles merupakan artikel yang dijadikan paling utama dalam sebuah blog (bukan featured post). Atau bisa juga dikatakan, artikel ini merupakan halaman untuk perpromosi seperti landing page misalnya. Yang mana nantinya Artikel ini akan dijadikan proiritas oleh search engine untuk lebih mendominasi dari pada artikel lain yang terdapat pada blog Anda.

Jadi artikel pilar ini, bukan sekedar artikel seperti lainnya. Tapi ada sisi istimewanya atau bisa dibilang kontennya lebih berharga dari pada lainnya. Misalnya dengan riset keyword yang lebih matang, penggunaan tata bahasa yang lebih sempurna, penggunaan teknik persuasi tingkat tinggi atau sebagainya. Nah artikel inilah yang ingin dibaca oleh orang banyak.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan artikel pilar diantaranya yaitu:

1.Riset keyword
2.Gunakan Headline yang Menarik dan mengandung keyword
3.Konten yang berbobot
4.Landing Page
5.Konten Terkait

Setelah kita tahu apa itu cornerstone, lalu untuk apa fitur cheklist “this article is cornerstone content” pada fitur SEO Yoast?

Fitur yang ada di dalam yoast SEO hanya sebagai “tanda” saja. Jadi sebenarnya yang membuat konten itu menjadi artikel pilar itu adalah anda sendiri, bukan tergantung dari plugin tersebut.

Tapi jika anda menggunakan fitur yoast SEO premium, anda akan menemukan fitur internal linking tools. Jadi nantinya tools ini dapat Anda gunakan untuk memposisikan artikel pilar agar terbaca di beberapa konten yang terkait. Namun bagi anda yang hanya menggunakan free version, maka anda tidak akan menemukan fitur tersebut.

Akan tetapi, yoast meletakan tab cornerstone articles pada dasbor post Anda, supaya dapat berfungsi untuk Anda analisis secara pribadi agar dijadikan Artikel Pilar.

Lalu apakah cornerstone artikel ini bisa dibuat banyak?

Bisa saja. Namun nantinya artikel pendukungnya juga harus banyak. Karena bagaimanapun juga artikel pendukung inilah yang akan menunjang si Artikel Pilar tadi di rangking mesin pencari, karena artikel pendukung tersebut mendominasi link-link Anchor yang menuju pada halaman Artikel Pilar utama.

Maka dari itu, dengan fitur ini, yoast berusaha membantu Anda untuk menjadikan Cornerstone Article agar lebih berguna dengan analisis-analisis yang Anda terapkan di Artikel Pilar tersebut.

Mungkin sampai disini dulu untuk pemaparan singkat Kami mengenai, Kegunaan “Cornerstone Article” di SEO Yoast Plugin – WordPress. Semoga info ini bermanfaat.


Comments

  1. trims gan infonya

  2. makasi udah bahas ini, mau ta coba dulu cornerstone seo di website saya, semoga bener

  3. Terima kasih atas komentarnya, semoga berhasil 🙂

  4. alhamdulillah..
    saya awalnya binging dan tak biarkan saja ini
    lama lama pensaran’
    dan nemu ertikel ini
    terimakasih

  5. Mohammad Kahfi : Maret 30, 2019 at 5:12 pm

    akhirnya baru nemu ini, thanks agan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Chat via Whatsapp
%d blogger menyukai ini: