Cara Mudah Mendaftarkan Nama Domain Website

Memilih nama domain yang tepat adalah langkah pertama yang penting untuk membuat sebuah website baru, tetapi dalam rangka untuk mengklaim itu untuk penggunaan eksklusif anda dan berbagi dengan dunia online, anda akan perlu untuk belajar bagaimana untuk mendaftarkan nama domain. Mendaftarkan nama domain baru hanya membutuhkan beberapa langkah dan uang yang relatif sedikit, dan anda dapat mengambil langkah ini bahkan jika anda tidak siap untuk membuat website anda hanya belum.

Kenapa Mendaftarkan Nama Domain?

Ini mungkin untuk memiliki kehadiran online tanpa sebuah nama domain. Berbagai sepenuhnya host situs dan bahkan situs media sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah blog, halaman web, atau bahkan sebuah situs sederhana. Online anda “alamat”, untuk situs semacam ini kemudian menjadi subdomain dari situs utama—dan sementara alamat yang mengidentifikasi ruang anda, itu bukan domain anda sendiri.

Membeli dan mendaftarkan unik dan domain yang independen menetapkan nama anda sendiri locator yang unik di Internet. Ini adalah user-friendly stand-in untuk string panjang angka yang membentuk situs resmi Internet Protocol (IP) alamat, dan itu juga dicari berdasarkan melalui search engine pada kata-kata atau kata kunci yang anda membangun ke nama domain anda. Dalam rangka untuk mengklaim nama baru dan peluncuran situs anda secara online, anda harus mendaftarkan nama domain dengan qualified domain registrar.

Internet untuk Corporation Ditugaskan Nama dan Nomor mempertahankan dan koordinat pasokan alamat IP di seluruh dunia, yang akan memastikan bahwa setiap entitas di Internet memiliki alamat yang unik dan nama domain yang unik yang mewakili alamat itu. Ketika nama domain baru dibuat, itu harus diperiksa terhadap ICANN database nama domain yang saat ini di gunakan untuk menghindari duplikasi. Jika nama domain yang anda inginkan sudah didaftarkan ke orang lain, anda tidak akan dapat menggunakannya untuk situs anda sendiri, tetapi jika nama domain baru anda sudah tidak digunakan, anda dapat mendaftar. Selama anda terus memperbaharui nama domain anda, itu akan tetap eksklusif milik anda.

Mendaftarkan nama domain baru anda ini relatif sederhana. Semua yang anda butuhkan adalah sebuah nama, sebuah cara untuk membayar, dan salah satu registrar domain atau penyedia web hosting yang menawarkan pendaftaran domain.

Cek Ketersediaan Nama Domain

Untuk memulai, anda akan perlu untuk memeriksa ketersediaan nama domain anda. Anda tidak dapat mendaftarkan nama yang sama persis dengan nama domain yang terdaftar. Anda dapat memeriksa nama yang anda inginkan terhadap nama domain yang sudah terdaftar dengan salah satu dari banyak nama domain gratis pengecekan alat-alat yang tersedia melalui registrar domain dan web hosting penyedia. Semua yang perlu anda lakukan adalah ketik nama yang anda inginkan bersama dengan Top Level Domain ekstensi yang ingin anda gunakan, seperti .com atau .org.

Jika nama tersebut sudah terdaftar, anda akan diberitahu bahwa itu diambil. Nama memeriksa alat-alat yang biasanya menawarkan jumlah yang sama alternatif nama, bersama dengan pilihan ekstensi yang tersedia, sehingga anda mungkin dapat untuk mengamankan nama yang anda inginkan hanya dengan beberapa tweak, atau pilihan ekstensi lain dari yang sangat diinginkan dan sangat akrab .com. Ketika nama yang anda inginkan ditandai tersedia, anda dapat mengambil langkah berikutnya dalam proses pendaftaran.

Cara Mendaftarkan Nama Domain

Nama Domain dapat didaftarkan dengan independen pencatat domain atau penyedia hosting web yang akan meng-host situs web yang melekat pada nama. Mereka bertanggung jawab untuk memeriksa ketersediaan nama dan memelihara catatan pada domain terdaftar. Pendaftar nama Domain harus diakreditasi oleh Top Level Domain, yang pada gilirannya terakreditasi oleh ICANN.

Pendaftar tidak menyediakan web hosting; mereka hanya mengelola database nama domain yang di gunakan. Jika saat ini anda tidak memiliki web hosting, atau anda hanya memesan nama domain ideal anda atau nama untuk digunakan kemudian, pendaftar bisa “parkir” nama domain anda sementara sampai anda siap untuk meluncurkan situs anda. Jika anda sudah membuat account dengan penyedia hosting, anda dapat menyelesaikan seluruh nama pencarian dan proses pendaftaran di situs penyedia.

Untuk mendaftarkan domain, anda hanya akan perlu untuk menyediakan anda memilih nama dan beberapa informasi tentang diri anda sebagai pendaftar yang akan bertanggung jawab untuk domain. Pendaftar biasanya permintaan standar informasi kontak seperti alamat fisik, nomor telepon, dan alamat email. Informasi ini masuk ke database Whois, yang menyimpan informasi kontak tentang pendaftar domain dan membuatnya tersedia untuk umum, sehingga siapapun dapat mencari pemilik domain.

Untuk menyelesaikan proses pendaftaran, anda akan diminta untuk menandatangani kontrak. Hal ini penting untuk review registrar kontrak dengan hati-hati karena umumnya berisi ketentuan-ketentuan tentang hal-hal seperti mentransfer domain dari satu registrar ke yang lain, atau batas pada panjang waktu sebuah domain dapat tetap diparkir tanpa dihapus.

Anda juga akan perlu untuk memilih sebuah istilah ketika datang waktu untuk memperbaharui nama domain anda, biasanya satu, tiga, atau lima tahun, dan kemudian membayar biaya yang diperlukan untuk memilih istilah. Meskipun orang-orang berbicara tentang “membeli” sebuah nama domain, dalam kenyataannya, pengguna hanya membayar untuk penggunaannya untuk jangka waktu tertentu. Jika nama domain tidak diperpanjang pada waktu yang tepat, itu bisa terjerumus dan menjadi tersedia lagi. Tidak terpakai dan terjerumus domain yang sering dibeli dan dijual di lelang online dan domain pasar.

Set Up Situs Anda

Setelah anda mendaftarkan domain baru anda, anda dapat mulai merencanakan untuk mengatur situs anda. Jika anda belum sudah diatur untuk hosting, mungkin sudah saatnya untuk berbelanja untuk sebuah host yang menawarkan fitur dan harga yang anda inginkan. Dan jika anda tidak siap untuk melakukan itu lagi, domain anda bisa tetap diparkir selama anda tetap up pendaftaran. Domain yang terdaftar melalui web host yang biasanya siap untuk set up dengan menggunakan alat-alat yang disediakan oleh tuan rumah. Jika domain anda adalah diparkir di registrar situs, anda mungkin perlu untuk mengambil beberapa langkah tambahan untuk memastikan bahwa nama domain anda ke situs web anda.

Mendaftarkan nama domain anda adalah langkah pertama dalam proses peluncuran website anda. Dengan biaya relatif rendah untuk pendaftaran dan perpanjangan, nama domain anda adalah unik “alamat” yang menghubungkan merek anda dengan dunia.

Siap untuk membangun sebuah website? Memberikan kami Bluehost ahli panggilan hari ini untuk informasi lebih lanjut tentang kami domain registry dan layanan web hosting.


WhatsApp Chat via Whatsapp
%d blogger menyukai ini: