Cara Mengubah Ukuran Presentasi di PowerPoint

Cara Mengubah Ukuran Presentasi di PowerPoint

Berikut adalah artikel yang membahas tentang cara mengubah ukuran presentasi PowerPoint, dimana pada artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang bagaimana memilih Ukuran Dimensi Standart Untuk Slide PowerPoint, dan berikut adalah caranya:

Cara Mengubah Ukuran Rasio Aspek

Pada cara mengubah ukuran rasio aspek presentasi powerpoint kali ini sebagai contoh akan menggunakan Ms. PowerPoint 2019.

Pertama anda harus membuat terlebih dahulu File Baru presentasinya, misal: dengan menggunakan templat Blank Presentation / Presentasi Kosong, lalu untuk mengubah ukuran rasio aspeknya, cari tab menu utama di area atas dan pilih tab View / Tampilan -> lalu klik pilihan menu Slide Master di tab bawahnya.

Selanjutnya, setelah anda mengklik menu Slide Master tadi, sekarang anda akan masuk ke tampilan Slide Master. Pada step ini anda sudah masuk ke area pengaturan Slide Master untuk mengatur Templat umum presentasi slide anda. Namun pada artikel kali ini kita tidak akan membahas cara menggunakan Slide Master, karena pada artikel kali ini hanya akan membahas cara mengubah ukuran presentasi PowerPoint.

Pada step berikutnya ketika anda sudah masuk ke tampilan Slide Master, lalu silahkan anda lihat pada tab menu di area atas pada Slide Masternya, lalu cari menu Slide Size / Ukuran Slide. Jika anda sudah menemukannya, anda bisa mengklik menu tersebut. Pada step ini anda sudah dapat melihat pilihan ukuran rasio aspek yang umum digunakan, yaitu Standart (4:3) & Widescreen (16:9).

Namun jika anda menginginkan pilihan ukuran rasio aspek yang lebih banyak / bervariasi, anda bisa mengklik menu Custom Slide Size / Ukuran Slide Kostum. Pada menu slide konstum ini anda akan bisa melihat berbagai ukuran Rasio Aspek instan atau anda juga dapat membuat ukuran sendiri (kostum ukuran sendiri) presentasi yang anda butuhkan.

Terdapat pilihan rasio aspek yang bisa anda terapkan seperti:

  • On-screen Show (4:3);
  • On-screen Show (16:9);
  • On-screen Show (16:10);
  • A3 Paper;
  • A4 Paper;
  • Letter Paper;
  • Dan lain sebagainya.
Baca Juga:  Ukuran Dimensi Standart Untuk Slide PowerPoint

Untuk pilihan paling umum yang biasa digunakan pada desainer presentasi powerpoint adalah On-screen Show (4:3), On-screen Show (16:9), atau On-screen Show (16:10). Biasanya para desainer powerpoint akan memilih salah satu diantara 3 mode rasio tadi karena biasanya cocok dengan beberapa perangkat layar yang umum untuk ditampilkan.

Pengaturan spesifik untuk tampilan ukuran presentasi tergantung pada perangkat yang akan anda gunakan. Namun berikut adalah beberapa perangkat dengan rasio aspek yang biasa umum digunakan:

  • Laptop: Sebagian besar layar laptop memiliki rasio aspek 16: 9, dengan pengecualian sebagai aspek rasio 16:10 untuk Macbooks.
  • Proyektor: Banyak proyektor menggunakan aspek rasio 4: 3, sementara layar proyektor terkini dirancang untuk meniru layar monitor desktop standart, yaitu (16: 9).
  • Largescreen display: Banyak ruang pertemuan modern memiliki layar TV LCD besar, karena harganya sekarang yang sudah lebih murah dan lebih simple untuk menggantikan screen proyektor. Ukuran 16: 9 adalah rasio aspek untuk tampilan Largescreen display.

Pada pengaturan ukuran presentasi di menu Custom Slide Size / Ukuran Slide Kostum juga dapat anda sesuaikan Orientation / Orientasi nya, mau diterapkan mode Potrait atau Landscape.

Kesimpulan

Mengubah Ukuran Presentasi di PowerPoint ternyata tidaklah sulit, anda hanya perlu melakukan beberapa kali klik saja dan sudah bisa menyesuaikan mode screen untuk tampilan presentasi yang anda perlukan.

Jika anda tidak terlalu paham mengenai pembuatan atau desain PowerPoint, anda juga bisa melakukan Pesan Desain PowerPoint melalui kami. Presentasi anda akan didesain sedemikian rupa dengan desain yang menarik juga sesuai dengan tampilan screen yang anda perlukan.

Sekian untuk pembahasan artikel kali ini. Sampai berjumpa kembali di tips dan trik Desain PowerPoint selanjutnya, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Berbagi artikel ini:
Penulis Artikel

Author url : go to url

×

Anda dapat berkomunikasi langsung melalui WhatsApp Chat dengan asisten chat kami.

× Live Chat