Bisnis Toko Online Dengan WordPress + WooCommerce

Bisnis Toko Online Dengan WordPress + WooCommerce

Bisnis toko online dengan menggunakan WordPress ditambah plugin WooCommerce yang khusus untuk mengelola brand toko online sendiri pada saat ini sedang diminati oleh para kaum millenial di Indonesia, khususnya anak muda. Hal yang mungkin bisa saja terjadi dengan kondisi keuangan kita, seperti pada masa pandemi COVID-19 baru-baru ini, untuk itu kita dituntut untuk tetap produktif dan menghasilkan pundi-pundi rupiah, walau hanya sekedar jualan online pada marketplace yang sudah ada, ataupun ingin membuat toko online dengan brand kita sendiri. Dan beruntungnya pada zaman saat ini, membuat toko online dengan brand milik kita sendiri tersebut sudah sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Kembali kepada topik utama mengenai toko online berbasis wordpress + woocommerce bagaimana maksudnya? Untuk itu, silahkan simak informasinya sebagai berikut :

1. Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah platform atau bisa diartikan sebagai wadah sistem untuk membangun sebuah website sendiri dengan fitur-fitur penciptaan sebuah fungsi website yang mudah dan gratis. Pilihan dalam membangun sebuah website sendiri menggunakan WordPress saat ini sudah sangat banyak diminati, dan framework wordpress saat ini menjadi platform pengembangan website yang paling populer diseluruh dunia.

Walaupun ada beberapa platform pengembangan website selain WordPress seperti, Squarespace, Shopify, OpenCart, Blogger, Wix dan lainnya, namun platform satu ini yang paling banyak diminati untuk dijadikan sebuah core sistem utama dalam membangun website yang mudah dan gratis digunakan. Hal ini karena WordPress menawarkan banyak sekali pilihan desain tema yang sesuai dengan kategori situs yang akan dibangun, baik yang gratis maupun berbayar. Juga pilihan plugin penunjang fungsi website yang tidak perlu dipertanyakan berapa banyak plugin-plugin wordpress yang bertebaran di internet.

WordPress sangat bisa digunakan untuk membuat website untuk bisnis toko online, namun karena standart wordpress itu dibuat untuk blog, maka untuk membuat website toko online berbasis wordpress diperlukan tema dan plugin penunjang agar situs yang kita bangun menggunakan wordpress dapat disulap 100% menjadi situs toko online yang kita inginkan.

Selanjutnya anda bisa mempelajari apa itu plugin woocommerce dibawah berikut.

2. Apa itu WooCommerce?

WooCommerce adalah sebuah plugin untuk membuat toko online dengan beragam fitur lengkap yang mendukung fungsi toko online untuk framework WordPress. WooCommerce dikembangkan oleh WooThemes dan sifatnya open-source sehingga banyak orang bisa menggunakannya dengan mudah. Anda dapat menampilkan produk untuk dijual secara online yang sesuai keinginan Anda!

WooCommerce sendiri hadir dengan beragam fitur penjualan yang mudah, instan dan sudah terbilang cukup menjadikan website anda seperti profesional selayaknya toko online sebenarnya. Oleh karena itu, plugin ini cukup banyak digunakan oleh siapapun, karena tanpa harus mengerti bahasa pemrograman untuk membuat sebuah toko online menggunakan plugin WooCommerce ini.

Plugin ini sangat cocok digunakan oleh:

  • Individu atau perusahaan yang membutuhkan platform ecommerce fleksibel untuk menjalankan toko online.
  • Pengguna yang menginginkan kontrol lengkap pada data website, misalnya fitur untuk memantau performa, menganalisa visitor, dan sebagainya.
  • Pengguna WordPress yang menginginkan keleluasan dalam membuat fitur tambahan website toko online.

3. Berikut ini adalah manfaat WooCommerce untuk Bisnis Toko Online Anda

A. Dibuat untuk WordPress

WooCommerce dibuat agar dapat terintegrasi dengan CMS WordPress. WordPress sendiri merupakan CMS yang paling banyak digunakan karena performa serta kemudahan plugin yang tersedia gratis.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Elementor Untuk Pemula

B. Gratis

WooCommerce tersedia secara cuma-cuma. Untuk mendapatkannya Anda hanya perlu langsung menuju ke WordPress.org dan mengunduhnya dari sana. Update versi terbaru pun tidak dikenakan biaya sama sekali!

C. Profesional dan Kustomisasi Mudah

Sebagian besar plugin yang tersedia gratis hanya memiliki fitur standar. Istimewanya, WooCommerce bahkan telah dilengkapi dengan beragam fitur menarik yang dapat Anda kustomisasi sendiri. Sebagian plugin yang tersedia secara gratis hanya bermodalkan fitur standar. Sementara itu, WooCommerce dapat secara leluasa dikustomisasi dan Anda dapat mengintegrasikannya dengan berbagai template toko online WordPress yang Anda inginkan.

Hasilnya, Anda bisa mendapatkan website toko online yang berbeda dari yang dimiliki oleh kompetitor Anda.

D. Analytics dan Pelaporan

Plugin WooCommerce menawarkan berbagai macam tool analytics bagi pengguna. Ini adalah alasan lain mengapa WooCommerce merupakan pilihan tepat untuk pengembangan website ecommerce. Data penjualan seperti omzet dan laba bisa Anda dapatkan dengan mudah. Nah, data seperti inilah yang nantinya akan berguna bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda lebih besar lagi.

E. Keamanan

Hal terpenting dalam website toko online yang tidak boleh Anda abaikan adalah keamanan. Pelanggan Anda pun tentu menginginkannya. Mereka (dan Anda semestinya juga) pasti menginginkan proses transaksi yang aman.

WooCommerce telah diaudit oleh Sucuri, sehingga Anda tidak perlu khawatir persoalan keamanan pada script-nya. Sucuri merupakan suatu otoritas yang diakui secara global berkenaan keamanan website, dengan spesialisai pada keamanan WordPress.

F. Komunitas

WordPress memiliki komunitas masif yang tersebar di berbagai belahan dunia. Komunitas inilah yang membuat WordPress lebih ‘hidup’ karena Anda dapat secara langsung berinteraksi dengan sesama pengguna. WooCommerce memang tidak menyediakan layanan hotline support bagi pelanggan. Akan tetapi, adanya komunitas yang aktif seperti ini bisa memberikan solusi yang tepat bagi Anda ketika mengalami permasalahan.

G. Mobile Friendly

Seperti yang Anda ketahui, kini jumlah pengguna smartphone lebih banyak dibandingkan dengan pengguna desktop. Karenanya, toko online Anda memiliki peluang lebih besar untuk diakses melalui perangkat mobile oleh para pelanggan. Kami kerap menemui toko online yang memiliki website menawan, namun sulit diakses secara mobile. Tentu ini akan menjadi kerugian karena mengurangi peluang konversi, bukan?

Nah, plugin ini telah didesain sedemikian rupa agar dapat tampil baik pada perangkat apa saja. Ini berarti pelanggan akan dapat dengan nyaman melihat produk Anda menggunakan smartphone dengan layar terkecil sekalipun. Tidakkah Anda menginginkannya untuk toko online Anda?

4. Kesimpulan

Memiliki bisnis toko online sendiri bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Berbekal framework WordPress + plugin WooCommerce yang semuanya ini gratis, anda sudah bisa menampilkan produk/layanan apapun di website toko online anda dengan mudah dan sudah bisa memulai bisnis toko online anda.

Kami juga merupakan spesialis pembuatan website toko online berbasis wordpress + woocommerce, dan jika anda ingin dibuatkan website toko online dengan brand sendiri dengan tema yang dikostumisasi sesuai dengan brand toko anda, juga tampilan yang keren, profesional dan berkualitas, silahkan klik disini untuk melihat fitur-fitur detailnya.

Berbagi artikel ini:
Penulis Artikel

Author url : go to url

×

Anda dapat berkomunikasi langsung melalui WhatsApp Chat dengan asisten chat kami.

× Live Chat