Apa itu VPS Hosting? Penjelasan Sekaligus Manfaatnya

VPS hosting adalah pilihan yang tersedia untuk investasi bersama server dan dedicated server. Dengan banyak akronim yang menggambarkan penawaran layanan dan server virtual jenis, hal ini dapat sulit untuk benar-benar tahu apa yang anda dapatkan ketika anda membeli layanan atau sumber daya untuk meng-host situs web anda.

VPS hosting adalah platform yang sangat baik untuk website pribadi, usaha kecil-menengah bisnis, situs web, atau e-commerce marketplace. Untuk memastikan bahwa anda membuat keputusan yang tepat untuk situasi anda, mulai dengan menyelam ke dalam apa yang VPS hosting menawarkan layanan dan apakah mereka cocok untuk kebutuhan anda.

Apa Manfaat VPS?

VPS adalah singkatan dari virtual private server, kadang-kadang disebut sebagai virtual dedicated server (VDS). Sebagai klien dari layanan web hosting, anda akan diberikan akses ke server virtual. Ini berarti bahwa banyak server virtual yang kemungkinan operasi pada satu mesin fisik dalam layanan hosting, dan anda diberikan akses remote ke sebuah bagian dari keseluruhan.

Sebagai pengguna akhir, tampaknya seolah-olah anda memiliki dedicated server. Layanan VPS memungkinkan anda untuk menginstal anda sendiri perangkat lunak keamanan dan mengkonfigurasinya dengan sistem operasi yang anda pilih. Namun, pada kenyataannya, anda hanya memiliki sebagian dari server, yang juga digunakan oleh banyak pelanggan lainnya.

Apa yang Dapat Dijalankan Menggunakan VPS Hosting?

Karena VPS adalah ibarat sebuah mesin virtual, setiap perangkat lunak yang dapat dijalankan di VPS ini sistem operasi yang akan diinstal. Sebagai contoh, sebuah VPS dapat digunakan untuk mendukung salah satu dari berikut:

  • e-commerce software
  • blog hosting
  • website perusahaan
  • file transfer protocol (FTP)
  • email server
  • penyimpanan data

Manfaat VPS Web Hosting

Ada manfaat dan kekurangannya ke VPS hosting. Sementara banyak pelanggan tidak akan melihat adanya penurunan kinerja dalam jangka panjang, beberapa situs web yang lebih besar dapat mengalami penurunan kinerja karena aktivitas dari pengguna lain pada server yang sama. Untuk banyak bisnis meskipun, VPS hosting menawarkan semua manfaat yang mereka harapkan dengan biaya yang wajar. Empat manfaat utama dari VPS web hosting adalah sebagai berikut:

1. Fleksibel Alokasi Sumber Daya

VPS hosting menawarkan sumber daya yang didedikasikan untuk website anda; secara khusus, jumlah RAM, CPU, dan ruang disk yang anda tentukan ditugaskan untuk VPS anda. Namun, jika website anda mengalami lonjakan lalu lintas dan membutuhkan sumber daya yang lebih besar dari anda telah ditentukan, anda mungkin dapat untuk sementara meminjam sumber daya dari VPS lain.

Fleksibilitas yang diperbolehkan oleh VPS adalah salah satu yang paling berguna manfaat. VPS hosting sering membuat penggunaan hypervisor, yang merupakan perangkat lunak yang memfasilitasi ini berbagi sumber daya. Jika situs anda membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk mengakomodasi sejumlah besar pengunjung dan website lain yang terpisah pada VPS tidak menggunakan semua sumber daya, situs anda dapat meminjam tenaga ekstra.

2. Akses Root untuk Menyesuaikan dan Mengkonfigurasi VPS

VPS hosting juga memberikan anda akses root untuk mengkonfigurasi dan membuat perubahan untuk lingkungan hosting anda. Akses Root tidak dijamin dengan pengaturan lain, seperti rencana shared hosting. Jika anda sangat tech-savvy atau meramalkan mempekerjakan pengembang web di masa depan, akses root akan memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi VPS anda sesuai.

Alternatif yang umum untuk VPS hosting untuk pemilik situs web yang didedikasikan hosting, di mana anda tidak berbagi server dengan pelanggan lain. Dedicated hosting adalah pilihan yang populer karena akses root dan peningkatan konfigurasi. VPS hosting, di sisi lain, memungkinkan anda untuk menikmati manfaat dari kustomisasi yang dedicated server menawarkan tanpa label harga besar..

3. Skalabilitas

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, VPS hosting adalah jalan tengah antara server bersama tanpa ada sumber daya yang berdedikasi dan benar-benar dedicated server dengan kinerja yang optimal. Sebagian besar situs-situs yang melakukan memadai dengan VPS hosting dan hanya memerlukan sedikit meningkatkan kinerja situs dan lalu lintas tumbuh.

VPS hosting menawarkan skalabilitas, sehingga sumber daya yang tersedia dapat tumbuh dengan anda sebagai anda membutuhkan mereka. Ini berarti bahwa jika anda mulai keluar pada shared server, maka anda akan perlu untuk menginvestasikan waktu untuk migrasi ke VPS bila diperlukan. Namun, jika anda mulai dengan VPS, anda dapat bermigrasi perlahan-lahan tanpa melanggar bank di dedicated server, anda mungkin tidak perlu untuk beberapa waktu.

4. Pilihan Yang Terjangkau

VPS hosting jauh lebih terjangkau bagi pemilik situs web daripada membeli sebuah dedicated server. Hal ini dipercaya dapat meng-host situs web atau aplikasi, menangani lonjakan lalu lintas, dan tumbuh untuk mengakomodasi kebutuhan anda dari waktu ke waktu.

Daripada melakukan sebuah dedicated server dan menghabiskan hampir dua kali lebih banyak (atau kadang-kadang lebih) dari VPS hosting solusi, luangkan waktu anda untuk mengevaluasi pilihan anda. VPS hosting menawarkan anda cara untuk mendapatkan dalam permainan tanpa biaya yang sangat tinggi masuk.

Hal terburuk yang bisa terjadi jika anda berakhir membutuhkan dedicated server di masa depan adalah bahwa anda akan perlu untuk menghabiskan waktu dan uang bermigrasi ke yang ditingkatkan sumber daya. Namun, anda masih akan memiliki uang yang disimpan di awal dengan VPS server dan belajar fitur mana yang sesuai untuk aplikasi atau situs web.

Melihat ke dalam Pilihan Anda Sebelum Berinvestasi di VPS Hosting

Selain membaca blog dan melakukan penelitian anda online, memanggil pasangan yang terpercaya penyedia VPS hosting dan meminta pendapat mereka tentang jenis hosting yang paling sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Anda mungkin akan terkejut untuk mempelajari berapa terjangkau bulanan VPS hosting rencana untuk kebutuhan anda saat ini.

Mempersiapkan diri untuk memulai percakapan dengan tamu mitra hosting dengan mengetahui anggaran anda dimuka dan memiliki statistik kunci siap untuk membantu menginformasikan keputusan anda. Pastikan untuk memeriksa anda saat ini (atau diperkirakan) lalu lintas situs dan catatan setiap kali di masa lalu ketika situs anda sedang down atau mengalami kinerja yang buruk. Anda juga harus tahu apa yang anda ingin keluar dari platform hosting, apakah itu adalah keandalan yang lebih baik, peningkatan kinerja, atau ruang untuk tumbuh sebagai anda meningkatkan lalu lintas.

Setelah anda memiliki beberapa percakapan di bawah ikat pinggang anda dengan VPS menyediakan dan dipersenjatai dengan berbagai fitur, aplikasi, dan harga, anda akan dilengkapi dengan baik untuk memutuskan apakah VPS hosting adalah jenis hosting untuk anda.


WhatsApp Chat via Whatsapp
%d blogger menyukai ini: