4 Alternatif Software Untuk Edit Foto Selain Adobe Photoshop

Pada artikel ini kami membahas perangkat lunak yang bisa Anda gunakan untuk desain berbasis raster dengan fokus bekerja dengan foto. Dalam artikel berikutnya dalam seri ini kita akan membahas dua bidang khusus lainnya: lukisan digital dan penciptaan seni piksel.

Meskipun ada beberapa aplikasi menakjubkan dalam daftar ini yang tidak diragukan lagi dan sangat sesuai untuk fotografer, saya tidak akan benar-benar mereview perangkat lunak yang dimaksudkan semata-mata untuk fotografi, yaitu alternatif Lightroom. Alasannya karena saya pribadi seorang desainer daripada fotografer sehingga latar belakang saya tidak cukup memenuhi syarat untuk membuat rekomendasi kuat pada hal tersebut. Yang mengatakan, dari apa yang bisa saya katakan pada aplikasi Polarr, Darktable dan RawTherapee tampak cukup solid dan terlihat memiliki pengguna yang senang, jadi jika Anda seorang fotografer, Anda mungkin ingin memeriksanya.

Saya juga telah meninggalkan perangkat lunak yang dimaksudkan hanya untuk tindakan sederhana seperti cropping dan re-scaling karena jenis tugas ini biasanya dapat ditangani oleh alat asli di sebagian besar sistem operasi. Kami tetap fokus di sini pada proses yang benar-benar membutuhkan perangkat lunak tingkat Adobe.

Dan sebagai kata pengantar yang menarik bagi anda yang mungkin bukan pengguna Windows, semua tapi salah satu aplikasi pada daftar ini dapat digunakan di Linux (Affinity Photo), dan semuanya ada di Mac (Pixeluvo), jadi nikmati!

Tanpa diragukan lagi, Affinity Photo adalah aplikasi desain raster terkuat yang bisa didapat dari pengembang selain Adobe dalam dua puluh tahun terakhir. Perangkat lunak pemenang penghargaan ini telah menyebar seperti api sejak diluncurkan, dan untuk alasan yang bagus. Bisa saya katakan cukup sederhana: jika Anda menggunakan Mac atau Windows, bekerja dengan foto, dan tertarik dengan alternatif Photoshop, ini mungkin tempat pertama yang harus Anda lihat. Sejujurnya Anda mungkin tidak mencari lagi setelah Anda mencobanya.

Saya pribadi sangat menyukainya sehingga saya membelinya di Mac dan sekali lagi di Windows. Jika mereka pernah merilisnya di Linux, saya akan membelinya di sana juga. Sejujurnya, biarpun setiap aplikasi raster tunggal harganya sama persis dan tersedia pada sistem operasi yang sama, Affinity Photo mungkin satu-satunya yang pernah saya gunakan.

Secara keseluruhan hal yang mengejutkan saya saat pertama kali mengambil Affinity Photo adalah seberapa intuitifnya. Tidak sekali pun saya merasa harus berkonsultasi dengan manual untuk melakukan tugas umum. Saya akhirnya berkonsultasi dengan manual untuk memastikan bahwa saya mempelajari setiap trik kecil yang tersedia bagi saya, tapi tidak pernah dengan alasan karena saya tersesat.

Affinity Photo memiliki banyak kekuatan, namun juga memiliki banyak hal kecil yang hanya membantu mempercepat alur kerja Anda. Misalnya, saat Anda memilih mode blending, Anda dapat melihat pratinjau setiap mode hanya dengan mengarahkan kursor di atasnya dalam daftar drop-down. Tidak perlu pilih, cek, pilih, cek dan sebagainya.

Contoh lainnya adalah saat menggambar pada mask untuk mengungkapkan layer di bawah Anda akan mendapatkan preview layer yang memuncak melalui brush shape Anda, yang sangat membantu. Saya menemukan perhatian terhadap detail yang ditunjukkan oleh masuknya fitur ini yang sangat menawan.

Proses seleksi memakan waktu menjadi sesuatu yang lalu dengan alat seleksi Foto. Alat pilihan mereka mungkin adalah alat seleksi termudah dan paling akurat yang pernah saya gunakan, dan untuk apa pun, sesekali Anda lupa brush pilihan dengan cepat dan mudah mengambil area tambahan. Dan alat penyempurnaan pilihan mereka menghabiskan seluruh proses untuk menandakan pilihan Anda cukup sempurna pada saat pertama dan setiap saat.

Affinity Photos selection refinement

Kadang-kadang Anda bahkan tidak perlu repot-repot membuat pilihan meskipun karena alat inpainting mereka untuk menghilangkan noda atau keseluruhan benda seperti pohon, cangkir kopi atau seluruh manusia dari gambar bekerja seperti sihir:

Affinity Photo juga menyediakan pengeditan tidak merusak dengan  Live Filter Layers dan Live Adjustment Layers. Ini benar-benar fantastis. Alih-alih menggunakan permanent adjustments atau filter permanen, Anda menciptakan live layers ini yang pada gilirannya menerapkan penyesuaian atau filter ke layer lain yang Anda tentukan.

Anda dapat memiliki layer aktif yang mempengaruhi semua layer di bawahnya, atau Anda dapat memilikinya hanya lapisan tertentu. Anda juga dapat dengan mudah menerapkan mask ke live layer ini untuk mengontrol dengan tepat di mana efeknya muncul. Dan kapan pun Anda bisa kembali dan mengubah parameter layer Anda, dan sesuaikan mask Anda. Itu membuat alur kerja yang sangat mulus.

Anda dapat melihat beberapa live layer yang diterapkan di panel layer di sebelah kanan screenshot di atas, misal. Levels Adjustment, Curves Adjustment, Lighting, Gradient Map Adjustment. Anda juga dapat melihat di mana saya telah melukis/menggambar di atas Lighting layers.

Nilai plus besar lainnya untuk Foto Affinity adalah panjang yang digunakan untuk membantu Anda membuat Anda senang berinteraksi di ruang kreatif yang didominasi Photoshop. Fungsi impor dan ekspor PSD adalah yang terbaik yang pernah saya temui dalam aplikasi grafis apa pun, Anda dapat mengimpor dan menggunakan brush Photoshop ABR, dan Anda bahkan dapat menggunakan sebagian besar plugin Photoshop.

Saya tidak ragu merekomendasikan perangkat lunak ini, dan dari apa yang telah saya lihat, sebagian besar orang yang mencobanya menyukainya. Yang mengatakan, tidak perlu mengambil kata-kata saya untuk itu karena free trial 7 hari tersedia sehingga Anda dapat memutuskan sendiri.

Anda mungkin mengharapkan aplikasi gratis untuk memiliki tool yang terbatas, namun jika Anda menggunakan Pensilsheep dengan harapan akan siap untuk terpesona. Pencilsheep memiliki karya, termasuk beberapa fitur yang bahkan tidak akan Anda temukan dalam aplikasi berbayar.

Memiliki layer filter yang dapat diedit dan tidak merusak dan memiliki layer style, (dengan long shadow style yang keren yang belum pernah saya lihat di tempat lain). Ini memiliki tool copy stamp, tool distort, tool wand dan tool soften / sharpen. software ini memiliki berbagai tool tingkat tinggi, sebuah keunggulan yang dibuat lebih luar biasa lagi oleh kenyataan bahwa aplikasi ini benar-benar gratis dan cross platform.

Pencilsheep tidak memiliki drawing tools bentuk apapun, jadi jika Anda memerlukan sesuatu selain mengisi pilihan, Anda kurang beruntung. Namun itu memang memiliki koleksi paint brush sehingga untuk manipulasi foto Anda perlu Anda tetapkan dengan baik.

Menurut pendapat saya, kekuatan terbesarnya adalah non-destruktif filter layers yang luar biasa yang dapat saling menumpuk satu sama lain dan mengubah parameternya setiap saat. Saat Anda menekan tombol “creat” di menu, Anda akan melihat daftar filter yang panjang, dan sementara semuanya bagus, beberapa di antaranya sangat menyenangkan untuk dimainkan, seperti “Rays”, “Glow” dan ” Tilt-Shift “.

Kegembiraan khusus untuk pengembang game adalah penyertaan normal map filter layer. Membuat normal map sering melibatkan kedua Photoshop dan GPU Nvidia, jadi jika Anda tidak menggunakan satu atau kedua hal tersebut, ini adalah pilihan yang sangat mudah diakses.

Semua layer filter yang dapat diedit ini mengambil beberapa jus agar tetap berjalan, dan karena itu Pensilsheep menekan ke GPU Anda (graphics processing unit) untuk memberi daya pada semuanya. Pengembang mengatakan di situs mereka:

“Tidak seperti editor gambar lainnya (yang sama sekali tidak menggunakan komputasi GPU sama sekali, atau hanya menawarkan akselerasi GPU parsial), PencilSheep telah dirancang secara khusus dari awal hingga sepenuhnya memanfaatkan GPU untuk semua operasi gambar.”

Fair warning sekalipun, saya tidak tahu siapa pengembang perangkat lunak ini dan belum bisa melakukan kontak dengan mereka, , jadi gunakan kebijaksanaan Anda untuk mengetahui apakah itu mempengaruhi keputusan Anda. Untuk mencoba software ini atau tidak.

Selain pengembang yang misterius, untuk grand price yang benar-benar gratis, cukup sulit untuk melihat masa lalu editor gambar yang bagus ini.

Pixeluvo adalah editor gambar yang kompak namun kuat dengan koleksi tool yang hebat, dan merupakan aplikasi platform cross yang sepenuhnya (pengguna Linux ini berterima kasih kepada Anda Pixeluvo!)

Antara lain, Pixeluvo memiliki beberapa alat bagus untuk retouching portraits, a handy skin softening filter, dan sistem masking yang hebat. Perhatikan bahwa meskipun video yang terkait dengan kalimat sebelumnya adalah beberapa tahun, pengembang Andy aktif di forum Pixeluvo sehingga perangkat lunaknya hidup dan menendang.

Fitur menonjol dari Pixeluvo adalah tool “Quick Color” -nya, yang memungkinkan Anda menerapkan berbagai pengaturan premade color balancing ke gambar Anda. Saya sering membuka Pixeluvo hanya untuk menggunakan tool ini karena ini cara cepat dan mudah untuk bereksperimen dengan warna.

Salah satu fitur favorit saya di Pixeluvo adalah klik dan drag tool Wand. Anda klik pada titik yang ingin Anda pilih, maka saat Anda menyeret Anda meningkatkan tingkat toleransi untuk pemilihan sehingga sangat mudah untuk memilih daerah dengan warna yang cepat. Menurut saya ini yang kedua hanya untuk tool seleksi Affinity Photo, yang merupakan tindakan keras untuk diikuti.

Fitur lain yang sangat fantastis adalah ketika Anda memilih pilihan menggunakan tool Ellipse Select atau Box Select, bentuknya dapat diubah dengan pengaturan ukuran. Hanya sekali suka dengan bentuk seleksi apakah Anda klik untuk mengubahnya menjadi pilihan yang sebenarnya.

Seperti Affinity Photo, Pixeluvo juga memiliki mode live blending previews saat Anda mengarahkan kursor ke pilihan yang tersedia pada menu dropdown layer. Pada sisi negatifnya, saat bekerja di panel layer, ada beberapa hal yang hilang yang mungkin Anda gunakan dari aplikasi lain. Tidak ada layer styles, layer group atau beberapa pilihan layer yang dapat membuat hal-hal sedikit lebih lambat.

Sementara kita membahas topik layer panel, saya juga sangat menyukai layer efek Pixeluvo, yang memungkinkan Anda menciptakan hal-hal seperti layer overlay gradien, layer modifikasi warna dan sebagainya. Tombol fx kecil di bagian atas panel layer membuat penambahan fungsi ini super cepat dan mudah.

Keseluruhan saya mengambil Pixeluvo adalah bahwa itu bagus untuk manipulasi gambar dan karya produksi pasca pada seni yang dibuat dalam aplikasi lain. Jika Anda ingin memeriksanya, versi trial/percobaan berfungsi dengan penuh, dengan pembatasan hanya menjadi tutup lebar hemat 800px. Segala sesuatu yang lain tersedia untuk Anda mainkan.

Untuk waktu yang lama ketika Anda meminta alternatif untuk Photoshop saran masukan adalah GIMP dan, walaupun sering mendengar keluhan tentang UI-nya, memang benar untuk mengatakan bahwa ini memang aplikasi yang sangat hebat dengan banyak kekuatan unik yang diketahui. Mungkin mengejutkan Anda Saya benar-benar ingin merekomendasikannya sekarang juga, karena saya sering menggunakannya dan begitu Anda bisa melewati ketidakbiasaan awal, ini sebenarnya program hebat. Bila Anda menambahkan G’MIC filter dan efek fantastis, Anda mendapatkan beberapa pemrosesan gambar yang hebat.

Namun saat ini ada satu fitur penting yang hilang sehingga banyak orang yang tertarik dengan alternatif Photoshop akan merasa tidak mungkin untuk hidup tanpa, dan itu adalah pengeditan yang tidak merusak. Bagi sebagian besar dari kita, terutama mereka yang merancang secara profesional, tidak adanya pengeditan non-destruktif adalah pemutus kesepakatan karena cara menginterupsi dan memperlambat alur kerja. Sayangnya GIMP tidak memiliki bentuk pengeditan non-destruktif saat ini.

Jangan pernah menulis GIMP dulu, karena semua itu akan berubah. Berusia 20 tahun bekerja keras saat ini menjalani perombakan besar-besaran yang, jika selesai, dapat menjadikannya pesaing serius di ruang desain raster. Intinya benar-benar ditulis ulang untuk menggunakan GEGL (Generic Graphics Library) dan ini akan memungkinkannya menyediakan jenis fitur yang dibutuhkan perancang.

GIMP saat ini ada di versi 2.8 dengan 2.9 tersedia bagi mereka yang ingin mencobanya. Versi 3.2 akan difokuskan pada pengeditan non-destruktif dengan layer filter dan penyesuaian yang disetel untuk memasukkan gambar, serta efek layer. Sudah diimplementasikan sejauh ini adalah kedalaman bit yang tinggi, pada pratinjau filter kanvas, dukungan OpenCL, perpustakaan paint brushes yang bagus, canvas rotation dan masks pada layer groups. Ini juga terbuka dalam mode single window secara default, bagi mereka yang menemukan window terpisah yang mengganggu. Dan karena disertakan pada tanggal yang unplanned dates, smart objects, shape tools, text handling yang lebih baik and pengelolaan batas layer otomatis.

Setiap hal yang saya harapkan ada di GIMP, atau yang didengar orang lain ada di roadmap, jadi saya akan melihat perkembangannya dengan penuh minat. Lihat roadmap lengkap di gimp.org.

Semoga minat Anda telah terganggu oleh beberapa aplikasi fantastis ini untuk bekerja dengan foto. Saya ingin menyelesaikan artikel ini dengan meringkas pemikiran saya tentang setiap program yang telah kami bahas di sini, dan apa yang saya rasakan adalah kekuatan terbesar mereka.

Pemimpin yang jelas dengan fungsi yang paling kuat dan tool set yang komprehensif. Jika Anda sangat bergantung pada Photoshop dalam kapasitas profesional, ini mungkin pesaing yang paling layak untuk membentuk bagian dari alur kerja sehari-hari Anda. Jika Anda menggunakan Windows atau Mac Anda mungkin tidak perlu atau ingin melihat lebih jauh.

Aplikasi yang luar biasa dengan live filter layer bertenaga GPU yang hebat yang sangat menyenangkan untuk Anda gunakan bekerja. Salah satu pilihan terbaik jika Anda membutuhkan alat gratis. Tersedia di semua platform.

Aplikasi yang kompak tapi kaya fitur dengan sejumlah tool tingkat tinggi untuk bekerja dengan foto. Lapisan fx live yang sangat baik dan mode preview campuran instan. Tool retouching potret yang bagus. Diperdebatkan aplikasi terbaik untuk bekerja dengan foto di Linux saat ini, meski saat ini tidak tersedia untuk pengguna Mac.

GIMP hampir mengagumkan, dan jika Anda bisa hidup tanpa pengeditan non-destruktif ini sudah ada. Namun, hal itu akan benar-benar meningkat dan menjadi pesaing serius ketika pengeditan non-destruktif diluncurkan dalam versi 3.2, bersama dengan fitur baru lainnya, tiga versi mulai sekarang.

 

Article Soures by : https://webdesign.tutsplus.com/


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Chat via Whatsapp
%d blogger menyukai ini: